Online

Jumat, 10 Februari 2012

0 Membuat Tag Cloud Cumulus di Blogspot



Mungkin diantara kamu ada yang belum tahu bagaimana membuat tag Cloud Cumulus seperti blog saya ini. Sebenarnya Tag Cloud Cumulus ini dulunya dibuat untuk Wordpress tapi sekarang bisa dipakai di blogspot.
Saya sendiri sebenarnya dah lama pingin masang tag seperti ini karena liat-liat di blog sebelah yang pake Cloud di WP nya keliatan sangat keren dan akhirnya saya bertanya sama Mbah google. Setelah loncat sana loncat sini akhirnya saya menemukan caranya.

Jika kalian ingin juga memasang di blogspot kalian ini saya kasih sedikit trik nya. Semoga berhasil... Merdeka!!! (lah apa hubunganya)

Pertama seperti biasa login sek trus masuk nang layout - edit html - expand widget templates, lalu cari tag dibawah ini (gampangnya teken Ctrl F jangan yang laen <--- bahaya, lalu isi tag dibawah ini pada kotak pencarian)



Kalau nggak ketemu tag tersebut, coba hilangkan dikit-dikit dari bagian akhir. Kalau sudah ketemu, tinggal copy-paste kode dibawah ini tepat dibawah tag tersebut :










Save templates, finish sudah,... gluk..gluk..gluk minum kopi susu dulu
Lanjoott.. sekarang tinggal preview, tag cloud ini muncul pada bagian atas sidebar, ntar tinggal memindahkannya kelokasi yang kamu inginkan. Selanjutnya jika ingin merubah dimensi panjang dan lebar, besar (hayo jangan ngeres) font dan background tinggal cari tag ini pada tag yang dicopas tadi:

var so = new SWFObject("http://halotemplates.s3.amazonaws.com/wp-cumulus-example/tagcloud.swf", "tagcloud", "240", "300", "7", "#ffffff");

Ganti default : 240 (lebar), 240 (tinggi), 7 (ukuran font), dan #ffffff (warna background) dengan selera kamu. Sedangkan warna huruf tinggal cari kebawah dikit lagi yaitu : 333333 juga tinggal ganti sakarepmu.

0 komentar:

Posting Komentar